Wednesday, January 18, 2017

Desa Dayeuh Luhur

Desa Dayeuh Luhur merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Ganeas. Lokasinya berada di bagian selatan wilayah Kecamatan Ganeas dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Situraja. Wilayahnya berada di wilayah ketinggian Gunung Rengganis. Jarak dengan pusat Kecamatan Ganeas sekitar sembilan kilometer ke arah selatan.
Dayeuh Luhur sebagai nama dari desa ini memiliki perjalanan panjang semenjak jaman Kerajaan Sumedang Larang. Ketika Kerajaan Sumedang Larang berpusat di Kutamaya dan di bawah kepemimpinan Prabu Geusan Ulun, pusat pemerintahannya dipindahkan ke wilayah ketinggian Gunung Rengganis. Pemindahan pusat kerajaan ini terkait dengan kondisi saat itu dimana Kerajaan Sumedang Larang mengalami konflik dengan Kesultanan Cirebon yang berakhir dengan peperangan. Untuk menghindari serangan pasukan Cirebon ke pusat kerajaan, akhirnya Prabu Geusan Ulun memindahkan pusat kerajaan ke wilayah yang lebih tinggi sehingga bisa dijadikan benteng pertahanan. Pemindahan kerajaan ke Gunung Rengganis ini berakhir ketika terjadi pergantian puncak pimpinan Kerajaan Sumedang Larang dari Prabu Geusan Ulun kepada Pangeran Aria Soeriadiwangsa I yang memindahkannya ke daerah Tegalkalong.
Wilayah yang menjadi pusat Kerajaan Sumedang Larang di Gunung Rengganis ini kemudian dikenal dengan nama Dayeuh Luhur. Dua kata yang berasal dari Basa Sunda, Dayeuh berarti kota, dan Luhur berarti tinggi. Sehingga jika digabungkan, Dayeuh Luhur memiliki arti Kota yang berada di tempat yang tinggi.
Selengkapnya, kunjungi web Direktori Sumedang

No comments:

Post a Comment