Monday, January 16, 2017

Desa Darmaraja

Desa Darmaraja merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Darmaraja. Dengan memiliki nama yang sama dengan nama kecamatan, lokasi Desa Darmaraja mencakup sebagian besar wilayah pusat Kecamatan Darmaraja. Setidaknya bagian barat pusat kecamatan berada di wilayahnya.
Desa Darmaraja sebagai bagian dari wilayah Kecamatan Darmaraja memiliki sejarah panjang terkait nama wilayahnya. Sejarahnya dimulai ketika Kerajaan Tembong Agung berada di bawah pimpinan Prabu Tadjimalela dan berpusat di Leuwihideung. Prabu Tadjimalela yang memiliki tiga orang anak bermaksud membangun kota kedua dan memberikan kesempatan pada putranya, Djaya Brata (Lembu Agung) untuk belajar memimpin negara. Namun Djaya Brata tidak mau menerimanya, dan menyerahkan kepada adiknya, Atma Brata (Gajah Agung). Atma Brata pun tidak mau menerimanya yang menyebabkan keduanya terlibat perang mulut dan berakhir dengan perang tanding. Ini berakhir dengan kekalahan Djaya Brata (Lembu Agung).
Dengan kekalahan ini, akhirnya Djaya Brata diangkat untuk memimpin kota yang baru dibangun tersebut. Djaya Brata akhirnya mau menerima dengan diawali dengan ucapan "Kaula Sanggup Darma Ngarajaan". Berasal dari kata Darma Ngarajaan inilah akhirnya menjadi nama tempat/kota kedua setelah Leuwihideng tersebut. Nama tempatnya: Darmaraja.
Informasi lebih lanjut kunjungi web Direktori Sumedang

No comments:

Post a Comment